Sunnah dan Adab tidur

Tidur adalah suatu hikmah dari Allah, agar manusia bisa istirahat, untuk mengembalikan kekuatan, dan untuk merefresh otak. 

dan Nabi Shollallahu 'alaihi Wa Sallam mengangkat tidur itu, dari hanya tabiat manusia biasa, menjadi sebuah ibadah dan mu'amalah kepada Allah, oleh karena itu jika kita ingin banyak adab dan Sunah-sunnahnya yang dahulu dilakukan oleh Nabi Shollallahu 'alahi wasallam. 

Pertama : bersiap siap untuk tidur lebih Awal agar bisa bangun sebelum Fajar, dan disunnahkan sebelum tidur untuk berwudhu dan bersiwak dan disunnahkan membersihkan kasurnya, karena mungkin diatasnya ada sesuatu.dan jika ingin tidur maka tidurlah dengan berbaring menghadap Qiblat dan disunnahkan meletakkan telapak tangan kanannya dibawah pipi kanannya. dan disunnahkan berdo'a dengan do'a yang dibaca Nabi Shollallhu 'alaihi wa salllam. seperti do'a : 

بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ اَللهُمَّ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلَهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظْ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 
"Yaa Allah dengan NamaMu aku letakkan badanku dan dengan NamaMu aku mengangkatnya, Yaa Allah jika Kau ambil jiwaku maka ampunilah ia, jika Kau melepasnya maka jagalah sebagaimana penjagaan-Mu kepada para Sholihin.

 begitu juga hendaknya membaca :
1. Ayat Kursi 1x
2. Surah Al-Kafirun 1x
3.  Surat Al-Ikhlas 3x,
4. Surat Al-Falaq 3x
5. Surat An-Nas 3x

setiap kali membaca tiupkan kepada tanganmu lalu usaplah seluruh badanmu, boleh bagi Ibu atau Ayah melakukannya untuk anaknya karena itu merupakan penjagaan banginya.

Suatu ketika Nabi Muhammad Shallallhu 'Alaihi Wasallam  melihat seorang tidur tengkurap, maka Nabi membangunkannya lalu bersabda: " Bangunlah ! karena itu tidur yang dimurkai Allah" dalam riwayat lain:" karena itu tidurnya orang ahli neraka"

Dari pada Sunnah Nabi :
1. Qoilulah , yaiut tidur sebelum Dzuhur.
     yang membantunya untuk ibadah bangun malam , akan tetapi hanya sebentar.
2. Tidur setelah Subuh dan Ashar dimakruhkan, karena pada waktu tersebut waktu dibagikannya rezeki.

ada seseorang yang mengadu kepada Nabi karena susah tidur dimalam hari, maka Rasulullah mengajarkan Do'a ini :
berlanjut masih dalam revisi
Oleh : Al-Habib Abdurrahman As-Segaf

Share this post :

Posting Komentar

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. M BADRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger